Posting for : Wednesday, January 1, 2014 by Bang Yuli

=> Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi mengirim dan menerima data

Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi mengirim dan menerima file foto. Judul yang panjang sekali ya  ?   ... Ya... memang demikian keadaannya. Isinya berkaitan dengan bluetooth error ketika mengirim atau menerima file photo yaitu ketika saya akan mencetak foto dari HP pelanggan. Biasanya kalau jumlah gambar atau photo yang akan dicetak cuma sedikit maka pemindahan foto HP ke komputer saya, saya lakukan dengan menggunakan bluetooth.

Dalam proses pengiriman tersebut sering sekali terjadi peristiwa bluetooth tidak berfungsi dan gagal terus ketika proses pengiriman file foto dari HP / Handphone ke komputer atau Laptop. Dan ternyata penyebabnya sangat beragam kalau tidak boleh disebut banyak sekali. Penyebab bluetooth tidak berfungsi di komputer atau Laptop memang benar-benar banyak sekali. Coba baca tulisan saya sebelumnya dengan judul  Penyebab bluetooth tidak berfungsi mengirim data.

Namun sebelumnya inilah ringkasan tulisan terdahulu tentang bluetooth tidak berfungsi yang saya alami ketika memindahkan atau mengirim foto dari HP ke komputer saya :
  1. Salah satu dari Bluetooth atau kedua bluetooth mati atau non aktif.
  2. Memori komputer penuh
  3. Bluetooth tidak berfungsi karena perangkat bluetooth pasangan penuh
  4. Bluetooth rusak
  5. Jarak kedua bluetooth terlalu jauh
  6. Tidak ada file transfer
  7. Kata sandi salah
Ya .. ketika sudah mengetahui penyebab bluetooth yang gagal terus menerus di atas tentu saja anda sudah bisa menebak bagaimana cara memperbaiki bluetooth yang tidak berfungsi dengan normal tersebut. Berikut jawaban sesuai dengan tebakan anda. Cara mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi mengirim dan menerima data file foto adalah melalui langkah-langkah berikut ini :
  1. Pastikan kedua bluetooth hidup
  2. Pastikan baik pada bluetooth penerima maupun pengirim pada keadaan atau status aktif atau hidup alias on. Dalam hal kasus saya yaitu ketika mencetak foto dari pelanggan bluetooth komputer dan bluetooth HP harus keadaan On. Pernah kejadian saya gagal terus dalam mengirim foto dari HP ke komputer saya. Ternyata saya lupa memasang bluetooth eksternal saya. Setelah saya pasang bluetooth eksternal saya akhirnya proses mengirim dan menerima file foto via bluetooth menjadi lancar. Berkaitan dengan ini silahkan baca dua link di bawah ini :
  3. Pastikan memori penerima cukup
  4. Dalam kasus saya di atas, maka memori penerima yaitu pada harddisk komputer harus dalam keadaan cukup untuk menyimpan file foto, yaitu file foto kiriman dari bluetooth HP. Belum lama ini dan yang pertama kali terjadi adalah bluetooth tidak berfungsi mengirim file data foto dari HP.  Ternyata setelah sekitar 4 tahun lebih harddisk saya penuh. Setelah beberapa file foto saya hapus akhirnya bluetooth bisa berfungsi dan berjalan dengan normal kembali.
  5. Pastikan daftar perangkat bluetooth HP tidak penuh
  6. Maksud saya adalah daftar nama-nama perangkat bluetooth yang pernah digunakan untuk melakukan tukar menukar file dengan HP harus pada kondisi tidak penuh. Menghapus salah satu dari nama alat ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi. Problem ini juga sangat sering terjadi pada saya.
  7. Pastikan Bluetooth tidak rusak
  8. Sering terjadi bluetooth dari pelanggan memang sudah rusak. Solusinya dengan memperbaiki tentu saja. Bawa saja ke tukang service HP.
  9. Mendekatkan HP ke perangkat bluetooth PC (personal komputer)
  10. Cara ini sering sekali berhasil untuk mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi dalam mengirim foto ke komputer saya. Padahal kalau normal jarak 10 meter saja masih bisa. Ini saya buktikan ketika melakukan scan bluetooth perangkat orang lain yang lewat di jalan depan rumah saya dengan jarak 10m saya bisa terdeteksi.
  11. File transfer tidak ada. 
  12. Aplikasi file transfer di bluetooth terkadang tidak ada. Ini juga menyebabkan pengiriman foto dari HP ke komputer atau laptop gagal. Solusinya ada pada akhir tulisan ini.
  13. Gunakan kata sandi yang sama
  14. Kesalahan dalam memasukkan kata sandi juga menjadi penyebab kegagalan dalam pengiriman foto melalui bluetooth.  Berkaitan dengan kata sandi atau password, ada beberapa penyebab bluetooth error dalam mengirim dam menerima data foto dari HP ke komputer atau sebaliknya dari komputer atau laptop ke HP (Handphone).  Silahkan baca tulisan ==>  Cara setting password bluetooth di komputer
Seperti telah saya singgung pada tulisan terdahulu ke delapan point di atas tentu saja tidak bisa menjamin 100% berhasil untuk mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi dalam mengirim atau menerima data file foto atau file lainnya. Ya.. karena masih banyak sekali penyebab bluetooth tidak bisa koneksi yang banyak sekali macamnya. Ini terutama berkaitan dengan setting bluetooth dari masing-masing perangkat yang terus saja berkembang dan selalu update sepanjang waktu.

Langkah terakhir untuk mengatasi bluetooth yang gagal terus menerus yang saya lakukan adalah :
  1. Mencopot/melepas atau mengambil kartu memori HP yang ada lalu saya masukkan ke card reader untuk membaca kartu memori di PC. Ini dengan syarat sang pemilik memoriy card mengizinkannya. Karena diantara dari beberapa pemilik HP tidak mengizinkan dengan alasan demi privacy atau rahasia pribadi.
  2. Menggunakan kabel data yang berfungsi untuk menghubungkan HP dengan komputer atau laptop. Ini dengan syarat yang sama dengan nomor 1 di atas.
  3. Memanggil bluetooth HP melalui bluetooth komputer. Ini kadang bisa dilakukan sebagai pemecahan dalam mengatasi bluetoth tak berfungsi.
  4. Menggunakan HP penghubung. Caranya dengan mengirim foto Hp ke HP penghubung lantas melanjutkannya mengirim ke komputer baik melalui bluetooth atau kabel data.
Demikian semoga membantu ..

Demikian tulisan saya yang berjudul Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi mengirim dan menerima data. Bila ada kritik maupun saran hubungi lewat tombol Contact. Bila ingin bookmark nih alamat urlnya http://bukantipsandtricks.blogspot.com/2014/01/cara-mengatasi-bluetooth-tidak.html