Posting for : Monday, July 15, 2013 by Bang Yuli

=> Cara mencetak foto agar tidak luntur

Cetak photo kini semakin mudah. Sayang hasil cetak foto mudah luntur sehingga tidak awet. Cara mencetak foto agar tidak luntur berikut semoga menjadi panduan anda supaya hasil cetakan foto kita tidak mudah luntur terkena air sehingga tetap tahan lama. 

Tema ini saya pilih karena aspek ini merupakan salah satu dari beberapa aspek yang sangat berhubungan dengan kualitas sebuah hasil cetak foto digital. Foto yang berkualitas atau secara umum disebut foto yang bagus adalah foto yang awet alias tahan lama, tidak cepat pudar, foto tidak pecah, dan tak mudah luntur bila terkena cairan. 
Cetakan pecah --- coba baca => Cara mencetak foto agar tidak pecah
Berkaitan dengan cara print foto agar tidak luntur pada dasarnya ada 2 hal pokok yang sangat berpengaruh besar terhadap keawetan hasil cetakan photo atau gambar kita. Dua point pokok tersebut adalah  :
  1. Jenis tinta cetak
  2. Gunakan jenis tinta printer yang tahan terhadap air. Tinta printer yang tahan air akan menghasilkan hasil cetakan photo yang tidak rusak ketika terkena air. Tinta print ini tentu saja berbahan dasar bukan air tetapi berbahan dasar pigment. Namun tinta ini memang harganya sangat mahal bila dibandingkan dengan tinta cetak yang berbahan dasar air. Bisa jadi harganya  3 kali atau 4 kali lipat dibandingkan dengan tinta dengan pelarut air. Coba tanyakan langsung ke toko-toko penjual tinta printer langganan anda.
  3. Laminasi
  4. Ini merupakan sebuah perlakuan atau proses pelapisan hasil cetak foto dengan menggunakan lembaran plastik laminator. Dengan perlakuan laminating photo ini tentu saja bisa kita peroleh foto yang mempunyai proteksi handal terhadap cairan luar terutama air yang mengenai foto kita. Hasilnya kejadian "print foto luntur" tidak bakalan terjadi lagi. Ya ... ini bisa terjadi karena bahan plastik memang sangat tahan terhadap air. Keuntungan kedua adalah photo menjadi tidak cepat pudar karena kontak udara menjadi terhambat akibat proses kerusakan karena oksidasi dengan udara menjadi terhambat.
Disamping dua hal pokok di atas saya kira jenis kertas foto yang kita pakai juga mempunyai andil atau pengaruh juga terhadap ketahanan hasil printout kita terhadap air. Namun saya rasa sangat kecil sekali pengaruhnya terhadap tema kita ini yaitu tentang cara cetak foto agar tak luntur.

Ada juga yang bilang bahwa setting printer pada kualitas tertinggi, memakai mesin foto anti luntur, juga bisa dipakai sebagai salah satu cara membuat foto tidak luntur. Namun saya tidak setuju dengan pendapat demikian. Ya karena setting print dan mesin tidak berpengaruh terhadap sifat-sifat fisik dari kertas dan tinta. Padahal yang berperan terhadap kelunturan adalah bahan dasar dari produk yang kita bahas ini.

Pengalaman saya  dari dua nomor yang saya sebutkan di atas yang paling berperan adalah penggunaan tinta yang tahan terhadap air. Hasil uji coba saya dengan tinta tahan air, foto saya celupkan di air berjam-jam bahkan berpuluh-puluh jam hasilnya tetap tidak luntur. Sementara bila memakai tinta dengan pelarut air langsung hilang tak berbekas. Demikian tulisan saya tentang cara mencetak foto agar tidak luntur.

Demikian tulisan saya yang berjudul Cara mencetak foto agar tidak luntur. Bila ada kritik maupun saran hubungi lewat tombol Contact. Bila ingin bookmark nih alamat urlnya http://bukantipsandtricks.blogspot.com/2013/07/cara-mencetak-foto-agar-tidak-luntur.html