Posting for : Monday, July 1, 2013 by Bang Yuli

=> Penyebab Bluetooth tidak berfungsi mengirim / menerima data file foto

Anda mengalami Bluetooth gagal mengirim foto dari HP ke komputer atau laptop ? Dan berkali-kali anda mengotak-atik settingan tetap saja terjadi bluetooth gagal terus menerus? Kalau ya berarti anda seperti saya ketika masih jadi pemula pada saat awal-awal memakai bluetooth komputer. Kini setelah sekian lama memakai salah satu perangkat transfer file ini akhirnya bisa menyimpulkan adanya beberapa penyebab bluetooth tidak berfungsi secara normal. Pada keadaan normal HP pelanggan bisa mengirim data file photo ke komputer / pc, dan sebaliknya komputer atau laptop bisa menerima data file foto dari handphone.

Sebelum cerita lebih jauh tentang apa penyebab bluetooth tidak berfungsi di PC (personal computer) dan kenapa bluetooth HP tidak berfungsi, maka lebih dahulu kita berbicara tentang salah satu alat perlengkapan untuk cetak foto ini.

Apakah Bluetooh itu? Ya .. kita sudah mengerti semua bahwa bluetooth adalah sebuah perangkat tanpa kabel atau disebut juga merupakan teknologi wireless yang berfungsi untuk saling tukar menukar informasi berupa data dari sebuah perangkat digital ke gadget digital lainnya. Dalam hubungannya dengan dunia cetak mencetak foto, bluetooth merupakan salah satu perlengkapan  cetak foto yang berfungsi untuk mengirim foto dari HP / Handphone ke komputer atau laptop. Bluetooth ada dua macam yaitu yang internal dan eksternal. Saya memakai bluetooth eksternal yang berbentuk seperti flashdisk berukuran kecil.

Setelah kurang lebih 4 tahun memakai perangkat ini saya sering sekali mengalami bluetooth bermasalah mulai dari bluetooth tidak bisa terdeteksi, Bluetooth HP terdeteksi tetapi tidak koneks (tidak menyambung) sehingga file transfer tidak jalan, akibatnya tidak bisa digunakan dan lain-lain. Dari beberapa masalah tersebut saya menyimpulkan  ada beberapa macam penyebab bluetooth tidak berfungsi yaitu :
  1. Salah satu atau kedua-duanya tidak aktif.
  2. Agar bluetooth bisa mengirim dan menerima data file foto, maka kedua-duanya harus pada posisi aktif atau On alias hidup. Yang di HP / Handphone harus hidup demikian juga yang ada pada komputer atau PC juga harus hidup bluetoothnya. Bila salah satu atau keduanya nonaktif ini merupakan salah satu penyebab bluetooth tidak fungsi.
  3. Memori penerima file sudah penuh.
  4. Penyebab yang satu ini saya alami belum lama berselang ketika saya menulis artikel ini. Saya sempat dibuat bingung dengan Bluetoth PC tidak bisa menerima file foto dari pelanggan saya. Padahal penyebabnya sangat sepele. Namun sekali lagi sangat membuat saya kelabakan.
  5. Daftar perangkat di HP sudah penuh atau maksimal
  6. Pada HP dengan merk tertentu daftar nama Bluetooth pasangan lain yang pernah bertukaran file data akan tersimpan pada setting bluetooth yang ada di HP tersebut. Bila daftar ini sudah penuh maka proses pertukaran  data melalui bluetooth pasti tidak bisa jalan.
  7. Perangkat bluetooth di HP sudah rusak.
  8. Ini jelas tidak bisa digunakan. Biasanya pelanggan sendiri yang bilang bahwa bluetooth HP tidak berfungsi lagi.
  9. Jarak HP kurang dekat dengan komputer.
  10. Jarak normal antara HP dan Komputer agar Bluetooth PC dan Bluetooth HP bisa digunakan adalah sekitar 10 meter saat ini. Mungkin ke depan bisa berubah lebih baik lagi. Bila bluetooth gagal terus saya biasanya lalu mendekatkan HP dengan komputer saya. Dan ini sering bisa berhasil.  Berarti mungkin ini memang bluetoothnya sudah lemah.
  11. File transfer tidak ada.
  12. Terkadang salah satu layanan bluetooth yang satu ini tidak ada pada HP tertentu. Sehingga ketika diklik File Transfer akan terjadi error.
  13. Kata sandi atau password tidak cocok.
  14. Bluetooth yang gagal terus pada awal mengenal perangkat ini adalah masalah sandi atau password yang harus saya pilih. Ditunggu berpuluh-puluh menit tetap tidak bisa jalan.  Ternyata untuk menampilkan pesan kata sandi harus Klik pada icon Bluetooh pada taskbar. Memang pada HP tertentu pesan pada komputer untuk memasukkan kata kunci ini tidak muncul. Untuk memunculkannya maka harus dengan klik icon Bluetooth pada taskbar pada bagian bawah. Kini kebanyakan HP pesan password langsung muncul sehingga langsung bisa ditentukan. Nah kedua kata kunci kadang salah pencet sehingga gagal menyambung. Lebih jauh silahkan baca Cara setting password bluetooth di komputer
Saya mempunyai keyakinan masih banyak sekali sebab musabab bluetooth tidak berfungsi. Yang saya tulis di atas hanyalah apa apa yang saya alami saja. Adapun penyebab lainnya yang saya sendiri belum tahu akan menyebabkan pengiriman foto lewat bluetooth gagal terus. Kalau ini terjadi maka jurus terakhir saya hanyalah dengan menggunakan kabel data atau dengan mengambil memori card yang ada pada Hand Phone pelanggan.  Adapun kalau tidak bisa melakukan hal ini maka saya harus mengatasi masalah bluetooth tidak berfungsi yang penyebabnya telah saya tulis seperti di atas.

Lho kok tidak bisa mencopot memori Hp yang akan dicetak fotonya. Ya saya tidak bisa mengeluarkan kartu memori karena beberapa sebab antara lain :
  1. Memang belum atau tidak bisa karena model Hpnya baru 
  2. Tidak ada memori card
  3. Tidak diizinkan oleh sang pemilik. Ini biasanya menyangkut privacy atau rahasia pribadi. Ini bisa dimaklumi karena ketika memory card dibaca di komputer maka file-file rahasia akan terlihat semua. Yang demikian pasti tidak dikehendaki.
Nah bila tidak bisa mengambil kartu memori solusinya adalah dengan cara mengetahui penyebab bluetooth tidak berfungsi pada tulisan di atas.  Bila sudah tahu dan mengerti maka kita pasti dengan mudah dapat menemukan solusi untuk mengatasi bluetooth gagal terus dalam mengirim foto. Bagaimana cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi baik pada PC / Komputer atau di Laptop atau di HP ? Baca tulisan saya dengan judul => Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi mengirim dan menerima data.

Demikian tulisan saya yang berjudul Penyebab Bluetooth tidak berfungsi mengirim / menerima data file foto. Bila ada kritik maupun saran hubungi lewat tombol Contact. Bila ingin bookmark nih alamat urlnya http://bukantipsandtricks.blogspot.com/2013/07/penyebab-bluetooth-tidak-berfungsi.html